Bacalah kutipan novel berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 , 2 dan 3
“Mas, apa kau tidak merasa capek setiap hari lembur begini ?” tanyaku di satu kesempatan duduk didepan teve bersama-sama waktu itu anak-anak sudah tidur.
“Tentu saja capek, tetapi yang namanya capek kan tidak bisa dibiarkan begitu saja seperti orang yang tidak punya rasa tanggung jawab,” sahut mas Indra, kemudian dia menoleh ke arahku dan menetap mataku dengan tatapan tajam. “Kenapa kau bertanya seperti itu ?”
“Karena aku memikirkanmu, mengkhawatirkan kesehatanmu. Tenaga manusia kan ada batasnya. Sudah begitu, hasilnya juga tidak kelihatan. Aku tidak rela tenagamu diperas orang lho, mas !”
1. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam
penggalan cerpen di atas adalah….
a. Orang pertama
b. Orang ketiga tokoh utama
c. Orang pertama dan orang ketiga
d. Orang kedua
e. Orang kedua dan orang pertama
2. Suasana dalam cerita menggambarkan….
a. Tegang d. Marah
b. Santai e. Kebingungan
c. khawatir
3. Kalimat yang menunjukkan latar adalah
a. ….menatap mataku dengan tajam.
b. Aku tidak relatenagamu diperas orang lho, Mas
c. …. Duduk di depan teve bersama-sama waktu itu anak-anak sudh tidur.
d. Karena aku memikirkanmu, mengkhawatirkan kesehatanmu
e. Tenaga manusia kan ada batasnya.
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 4 dan 5
Waktu bangun pagi-pagi Noerdin merasa badannya kurang enak. Sehari itu ia tidak bekerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit tetapi bukan main rindunya, hendak bertemu rukmini. Dengan tidak malu lagi disuruhnya jemput Rukmini hari itu juga dengan autonya.
(Darah Muda, Adi Negoro)
)
4. Watak tokoh Noerdin dalam penggalan novel di atas adalah
a. lelaki yang manja
b. lelaki yang tidak sabaran
c. lelaki yang sangat mencintai kekasihnya
d. lelaki yang sedang rindu berat
e. lelaki yang tidak tahu malu
5. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam
kutipan di atas adalah ….
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang pertama tokoh sampingan
c. orang ketiga tokoh utama
d. orang kedua dan orang pertama
e. orang pertama dan orang ketiga
bacalah kutipan cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 dan 7
Mentang-mentang apa ! Aku tidak peduli siapa tuan-tuan ini. Di mataku, tuan-tuan tidak lebih dari lelaki biasa . Jangan sok alim, sok susila ! Yang dengan segala akal-bulusnya pintar main sandiwara untuk menghormatkan perbuatan isengnya yang sama sekali tidak terhormat !
Domba-domba Revolusi
6. Dialog tokoh di atas menggambarkan sang tokoh
berwatak….
a. Jujur d. Sombong
b. Pemberani e. Apa adanya
c. Polos
7. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam
kutipan di atas adalah ….
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang kedua tokoh sampingan
c. orang ketiga tokoh utama
d. orang kedua dan orang pertama
e. orang pertama dan orang ketiga
8. Kalimat yang baik untuk menyanggah pendapat
orang lain yaitu ...
a. Maaf saudara moderator, saya tidak setuju dengan pendapat penyaji tentang perlunya program KB ...
b. Maaf saudara moderator, saya setuju dengan pendapat penyaji tentang perlunya program
KB. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut ...
c. Maaf saudara moderator, saya kurang setuju tentang perlunya program KB ...
d. Maaf saudara moderator, menurut saya saudara penyaji sangat gegabah dalam berpendapat tentang program KB ...
e. Maaf saudara moderator, saya sangat tidaksetuju dengan pendapat penyaji tentang program KB ...
9. Salah satu tugas pembicara dalam sebuah diskusi
adalah ... .
a. memperkenalkan pembicara kepada peserta
b. menyajikan pengantar diskusi
c. menjawab pertanyaan peserta diskusi mengenai hal yang dibahas
d. membacakan rangkuman hasil diskusi pada akhir seminar
e. membuka seminar dengan mengemukakan pokok masalah yang akan didiskusikan
10. Salah tugas moderator dalam sebuah diskusi adalah
a. memperkenalkan pembicara kepada peserta
b. menyajikan materi diskusi
c. menjawab pertanyaan peserta diskusi mengenai hal yang dibahas
d. meringkas hasil diskusi pada akhir seminar
e. membacakan materi diskusi
Bacalah kutipan berikut untuk no.soal 11 dan 12!
Keluargaku tak pernah memaafkannya. Barangkali mereka tak sanggup menerima bahwa aku sendiri sudah lama mengampuninya. Mereka tak bisa mengerti bahwa aku sanggup tetap mengasihi orang yang telah mengucilku ke mari.
11. Karakter tokoh aku dalam penggalan novel Raumanen di atas adalah ... .
a. pemaaf dan setia d. lembut dan perasa
b. sabar dan lembut e. perasa dan acuh
c. setia dan serius
12. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam
kutipan di atas adalah ….
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang kedua tokoh sampingan
c. orang ketiga tokoh utama
d. orang kedua dan orang pertama
e. orang pertama dan orang ketiga
Bacalah kutipan berikut untuk soal no. 13,14, dan
15!
" Aku tidak akan meminta yang bukan-bukan, Sukri. Kemiskinan telah membikin aku terbiasa untuk menerima apa adanya. Kau tidak usah memikirkan kado. Dirimu adalah kado perkawinanku yang berharga. Apabila aku sebagai istrimu aku telah bahagia. Jangan pikirkan kado yang tidak-tidak.
13. Watak tokoh aku dalam penggalan cerita di atas adalah ... .
a. pasrah dan penurut d. Setia dan taat
b. penurut dan sabar e. Lugu dan jujur
c. sabar dan setia
14. tokoh aku dalam cerpen di atas adalah..
a. ayah Sukri d. Istri Sukri
b. adik Sukri e. Anak sukri
c. paman Sukri
15. Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam cerita adalah...
a. orang ketiga pelaku utama
b. orang kedua
c. orang pertama
d. orang kedua dan pertama
e. orang ketiga dan pertama
Bacalah kutipan berikut untuk soal 16 dan 17!
Aku terlalu sombong dan angkuh, aku menghendaki manusia sempurna, sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar dan berusaha untuk menjadi sempurna. Kini aku sadar kemanusiaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci sudah saja hendak merusak manusia lain, tetapi pertama kali merusak dirinya sendiri. ...
Harimau-Harimau Mochtar Lubis
16. Amanat yang terkandung dalam penggalan novel di atas adalah ....
a. Janganlah menjadi manusia yang sombong dan angkuh
b. Kita harus menjadi manusia yang sempurna
c. Kemanusiaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci
d. Manusia tidak boleh merusak manusia lain
e. Sebagai manusia kita tidak boleh merusak diri kita sendiri
17. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel di atas adalah ... .
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang pertama bukan tokoh utama
c. orang pertama serba tahu
d. orang ketiga tokoh utama
e. orang ketiga bukan tokoh utama
Bacalah kutipan cerita berikut !
Monang adalah pemuda Batak yang berpendidikan tinggi. Ia dibesarkan dan hidup di budaya moderen kota besar di Jawa. Namun, tantangannya pada daerah dan orang tua masih kuat. Pertautan ini bukan hanya sekedar penghormatan, tetapi juga dipakainya untuk memperhitungkan masa depan sendiri.
18. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ... .
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang pertama bukan tokoh utama
c. orang pertama serba tahu
d. orang ketiga tokoh utama
e. orang kedua bukan tokoh utama
Bacalah kutipan cerita berikut , untuk soal nomor 19, 20 dan 21 !
“Jika Bapak mengizinkan, saya akan meminjam kendaraan untuk membawanya ke rumah sakit. Maaf, Pak, pada malam hari kendaraan umum hampir tidak ada.” “Boleh, silahkan Pak Heri. Bawalah anak-anak itu cepat-cepat ke dokter! Ini kunci mobil dan sedikit uang untuk berobat!”
19. Amanat yang disampaikan oleh pengarang dalam penggalan cerpen diatas adalah …
a. tolong menolong sesama itu penting
b. meminjam mobil harus disertai sedikit uang
c. janganlah memperberat kesusahan orang
d. membawa anak ke dokter lebih baik daripada memberikan uang
e. bantuan uang lebih bermanfaat daripada tindakan
20. Latar tempat pada kutipan cerita di atas adalah
a. di rumah sakit
b. di rumah Pak Heri
c. di rumah bapak pemilik mobil
d. di jalan raya
e. di halaman rumah sakit
21. Latar waktu pada cerita di atas adalah...
a. pagi hari d. Menjelang fajar
b. sore hari e. Malam hari
c. dini hari
Bacalah kutipan berikut, untuk soal no. 22 dan 23!
Tukang becak di pasar jauh lebih sopan daripada yang di stasiun. Mungkin karena sudah sering melihat dan saling kenal biasanya membuahkan rasa kasihan. Seperti yang pernah kualami, naik becak dan setelah tiba di depan rumah, tukang becak yang tua itu berkata, "O, putranya Pak Hadi, ya?" Berhubung dia kenal ayahku, aku berikan uang tanpa kuminta kembaliannya. Pak tua itu berterima kasih Secara berlebihan.
22. Watak tokoh "aku" dalam kutipan cerita adalah
a. Sombong d. baik hati
b. Rendah diri e. tinggi hati
c. Sopan
23. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ... .
a. orang pertama sebagai tokoh utama
b. orang pertama bukan tokoh utama
c. orang pertama serba tahu
d. orang ketiga tokoh utama
e. orang kedua bukan tokoh utama
Untuk soal nomor 24 dan 25, bacalah kutipan cerpen berikut!
“Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah.
24. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah.
b. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.
c. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
d. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia.
e. Kakak tidak mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko.
25. Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas adalah …
a. Status Handoko yang sudah mempunyai istri.
b. Mama yang menginginkan menantu orang kaya.
c. Handoko yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
d. Mama yang mempersalahkan masa lalu Handoko. N
e. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko
Baca dan cermati penggalan novel berikut, untuk soal nomor 26, 27 dan 28 !
Di tengah alunan orkes Madun yang terpancar dari radio, kami memulai percakapan penting itu. Kami tahu saatnya telah tiba. Kami tidak bisa berbohong lagi, kalau tidak mau gila. Sudah terlalu lama kejadiannya kami biarkan berlangsung. Menggila dan memperbudak kami. Dengan kata-kata yang sederhana, semua harus diselesaikan.
”Sudah kau pikirkan bahwa perkawinan ini berarti perubahan, perubahan pada diri kita?” Tanyanya padaku.
”Aku mengerti dan aku sudah siap.”
”Seandainya kelak ada yang Engkau sesalkan, apa yang akan Kau lakukan?”
”Aku tak akan menyesal , Sayang. Walaupun yang Kau lepaskan ini bernama kebebasan, kemerdekaan yang dipuja oleh para seniman, kaum cendikiawan, kaum muda, dan....”
26. Tema yang tersirat dalam kutipan novel tersebut adalah...
a. Pilihan hidup seseorang.
b. Kebimbangan seseorang dalam menentukan pilihan.
c. Perkawinan sepasang anak manusia.
d. Beratnya meninggalkan kebebasan.
e. Pendewaan sebuah kebebasan.
27. Watak aku dalam kutipan novel tersebut adalah...
a. Pengecut d. pemerhati
b. Setia e. peragu
c. teguh pendirian
28. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan novel tersebut adalah....
a. orang pertama sebagai pelaku utama
b. orang pertama sebagai pelaku sampingan
c. orang ketiga sebagai pelaku sampingan
d. oang ketiga sebagai pelaku utama
e. pengarang serba tahu
Bacalah penggalan cerpen di bawah ini untuk soal nomor 29 dan 30 !
”Aku tidak menyuruhmu bersiap-siap.Aku cuma kepingin anak-anak Ibu menjalani hidup yang lurus-lurus saja. Tidak usahlah mencoba yang aneh-aneh. Sekalinya terpeleset susah kamu bangkit. Sekalinya bangkit jalan kamu pincang. Ibu tidak mau hidup kamu pincang..
Dikutip dari: ”Ibu Memintaku Segera Pulang”
dalam Parmin Kumpulan Cerpen
29. Watak tokoh Ibu dalam penggalan cerpen tersebut
a. penuntut d. Suka memerintah
b. pemarah e. Suka menyindir
c. bijaksana
30. sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerita tersebut adalah...
a. orang pertama sebagai pelaku utama
b. orang kedua sebagai pelaku sampingan
c. orang ketiga sebagai pelaku sampingan
d. oang ketiga sebagai pelaku utama
e. pengarang serba tahu
Bacalah penggalan cerpen, untuk soal 31, 32 dan 33!
Pagi buta tiba di sekolah, bukannya menghirup udara segar, mata Cindy malah dipaksa membola. Bukan karena masih gelap hingga nggak bisa melihat dengan senteran mata biasa. Sesosok makhluk aneh melintas di koridor sekolah, cepat bagai kilat! Cindy cepat memburu langkah sosok itu.”Jangan-jangan bukan manusia biasa,” batin Cindy saat mendapatkan ruang kelas kosong. Padahal matanya melihat dengan jelas, sosok yang aneh di matanya itu, masuk di kelas III IPA.
”Kalau bukan manusia, kenapa juga pakai seragam sekolah?” batinnya lagi.
Dikutip dari: ”Si Kribo”, karya La Bidu
31. Latar suasana penggalan cerpen tersebut
adalah . . . .
a. menegangkan d. Menggembirakan
b. menggelikan e. mencemaskan
c. mengecewakan
32. Latar waktu penggalan cerpen tersebut adalah...
a. senja hari d. Dini hari
b. pagi hari e. Sore hari
c. siang hari
33. Latar tempat pada cerita di atas adalah...
a. di rumah Cindy
b. di koridor sekolah
c. di kantor
d. di kantin sekolah
e. di halaman rumah Cindy
Baca kutipan cerpen berikut untuk soal 34 dan 35!
Baca kutipan cerpen Air menetes dari tulang dari pucuk daun dari kawat listrik dan dari langit. Sisa-sisa hujan dari langit menitik dalam gerimis sangat tipis dan kabur dalam embusan angin yang bertambah kuat. Dan titik-titik air itu tampak bagus dalam cahaya lampu kuning di jalanan dan suara air mengalir di tepi jalan mengejar selokan terasa tetap mesra dan bersahaja ….
(Malamnya Malam, Seno Gumiro A.)
34. Unsur intrinsik yang digambarkan dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
a. Tokoh d. Penokohan
b. Latar e. Sudut pandang
c. Tema
35. Aku berdiri di gerbang desa. Tas gendong yang bergayut di pundakku terasa makin berat. Rasa ngilu pada urat-urat leherku mulai menjalar di lengan kiri kananku. Padahal, kemarin ketika aku berangkat pagi-pagi dari Jakarta beban itu masih terlalu ringan bagiku. (Cerpen, Kembali ke Desa).
Unsur intrinsik yang tergambarkan dalam kutipan di atas adalah …
a. latar dan sudut pandang
b. D. alur dan penokohan
c. tema dan amanat
d. E. plot dan karakterisasi
e. pesan dan penokohan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Responses to “Soal - soal Evaluasi”
Posting Komentar